Minggu, 15 Februari 2015

SOSOK YANG SANGAT PEDULI

Selama beberapa tahun saya berinteraksi dan bekerja bersama beliau, banyak hal yang berkesan dan bisa diambil sebagai pelajaran hidup bagi saya. Kepemimpinan beliau yang kharismatik namun tegas, kepedulian dan kepekaannya pada hal-hal kecil di sekitarnya merupakan ciri khas beliau yang tidak dimiliki oleh orang lain. Beliau selalu memberikan contoh bekerja tanpa pamrih, bekerja harus sungguh-sungguh dan detail. 

Salah satu yang selalu saya ingat adalah pada saat Jurusan Manajemen sedang melakukan persiapan visitasi akreditasi oleh BAN-PT. Beliau selalu mendampingi tahap demi tahap persiapan yang kami lakukan dan beliau sangat detail sampai kepada hal-hal kecil yang bahkan tidak terpikirkan oleh kami. Selain borang jurusan, hal-hal teknis lain juga menjadi perhatian beliau mulai dari penyambutan, perlengkapan sholat bahkan perlengkapan  kamar mandi untuk asesor. Seperti handuk, sandal jepit, sajadah, pintu kamar mandi yang sudah harus dibuka sebelum asesor datang dan selalu mengingatkan agar jangan sampai ada hal-hal kecil yang terjadi dan mengganggu asesor, semua harus dipersiapkan dengan baik. Pak Muhtadi bahkan mengecek sendiri semua persiapan tersebut. Beliau selalu mengingatkan untuk membuat check list agar tidak ada yang terlupa. Karena terkadang kita sibuk mempersiapkan hal-hal yang besar dan melupakan hal yang kecil atau sepele padahal itu bisa mengganggu.

Pak Muhtadi selalu mempunyai back up data tentang jurusan, fakultas, dll yang bahkan lebih lengkap dari yang dimiliki jurusan. Kadang saya merasa malu ketika beliau meminta atau menanyakan data tertentu dan saya tidak bisa langsung menjawab karena masih harus mencari terlebih dahulu file-file data tersebut. Pengarsipan data beliau sangat rapi sehingga bisa cepat tersedia begitu dibutuhkan. Saya harus belajar banyak tentang ini.

Pak Muhtadi sangat perhatian pada kami yang junior bukan hanya tentang pekerjaan tetapi juga secara pribadi. Sering beliau bertanya kepada saya bagaimana kabar keluarga dan anak-anak? Sungguh ini saya rasakan sebagai perhatian yang luar biasa yang diberikan oleh seorang pimpinan kepada anak buahnya. Terkadang Pak Muhtadi juga mengajak saya ngobrol ringan sampai bercerita tentang masa mudanya yang membuat kami semua tertawa mendengarkan ceritanya. Saya merasakan tidak ada batas antara pimpinan dan anak buah bahkan sudah seperti bapak dan anak karena beliau tidak membuat jarak dan sangat dekat dengan kami. 

Di sisi lain Pak Muhtadi juga sosok yang tegas, pada saat beliau melihat atau mendapat laporan ada yang salah atau ada yang tidak beres maka beliau tidak segan-segan untuk memanggil saya kemudian menanyakan apa yang sebenarnya terjadi bahkan menegur dengan keras. Semuanya dilakukan dalam kapasitas beliau sebagai pimpinan. 

Saya merasa sangat senang bekerja bersama Pak Muhtadi, Saya bisa belajar banyak hal kepada beliau tentang profesionalisme kerja sampai kepada hubungan antar manusia. Terimakasih Bapak atas semuanya, semoga Allah menganugerahkan umur panjang agar Bapak dapat terus berkarya Amiiin….

(Oleh : Yayuk Sri Rahayu, SE., MM)

Sumber : Buku Sang Inspirator

0 komentar:

Posting Komentar