Kamis, 14 Maret 2013

YAKIN, JABATANNYA KARENA BERKAH ANAK YATIM


YAKIN, JABATANNYA KARENA BERKAH ANAK YATIM
(Sumber; Jawa Pos Radar Malang, rubrik Spirit Religi, edisi Jum’at 23 November 2012, hal. 40)

Cinta Yatim; Muhtadi memiliki perhatian besar terhadap nasin anak yatim yang dibina. Dia berupaya anak-anak yatim bisa menikmati pendidikan hingga bangku kuliah.

Bagi Muhtadi Ridawn banyak manfaat yang dia dapat selama bertahun-tahun ngeramut anak yatim.  Menurutnya, beberapa manfaat diantaranya adalah meningkatnya kesadaran rasa simpati dan empati terhadap sesama, tambah saudara, dan juga kemudahan untuk banyak urusan. Dalam pandangan Muhtadi, dengan mengurusi anak yatim, dirinya menjadi sadar dan lebih bersyukur bahwa nikmat yang dia dapat selama ini sudah sangat banyak. “Untuk itu, kami selalu memberi motivasi kepada siapa saja termasuk warga kampung dekat yayasan; kalau kita peduli kepada anak yatim insyaallah kita akan dikasihi Allah SWT, itu janji Allah pada kita”, ucap pria dari pasangan Hj. Masning dan HM. Ridwan.
Karena hal tersebutlah, dirinya ingin mengajak masyarakat, terutama di sekitar yayasan, untuk memberikan sedikit waktu, kesempatan, syukur menyisihkan sebagian rezeki untuk ikut serta menutupan kebutuhan penidikan anak yatim. Karena sering bergaul dengan anak yatim itulah, kesadaran Muhtadi muncul. “Saya tidak terlalu merisaukan  sesuatu, biarkan semuanya mengalir saja, termasuk kedudukan”, jelas manta Pembantu Rektor III UIN Maliki Malang itu (1999-2004).
Selain itu, kelapangan dalam hal karir dia rasakan betul. Selama ini, Muhtadi tidak pernah bermimpi untuk menjadi bagian dari penanggungjawab pengelola perguruan tinggi (UIN Maliki Malang). Tetapi jika dihitung waktu, selama 21 tahun (1997-2012) terus menerus saya selalu mendapat amanah, mulai sekretaris jurusan sampai pembantu rektor, dan sekarang dekan FE selama dua periode 8 tahun.  
Sementara itu, melihat tamu yang setiap bulan semakin banyak memberi sumbangan ke yayasan At-taufiq, menjadi yakin, kalau orang yang mensedekahkan hartanya kepada anak yatim, itu juga dilancarkan rezekinya. “Banyaknya tamu yang berkunjung pada setiap harinya, dan justru banyak diantara mereka yang secara rutin, baik mingguan maupun bulanan. Hal ini berarti mereka juga merasa mendapat manfaat dari sedekahnya itu”, ucap Muhtadi.
Menurut dia, hanya ada satu alasan ketika dirinya aktif di yayasan tersebut, yaitu karena ingin memberi dedikasi sebagaimana dianjurkan dalam Islam. Pada dasarnya ada 2 inti ajaran agama kita; pertama, kewajiban berdedikasi (ibadah), dan kedua, ketika berdedikasi harus dapat memberi manfaat buat orang lain, demikian dia menambahkan uraian singkatnya.   (riq/lid)

0 komentar:

Posting Komentar