Senin, 11 Maret 2013

MABA FE UIN MALIKI MALANG 2012/2013 AKHIRI OPAK FE-2012 DENGAN BAKTI SOSIAL

Civitas akademika Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (FE-UIN Maliki Malang), mulai dari para pimpinan Fakultas, pimpinan Jurusan dan Program, para dosen, para staf manajemen, dan para senior mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Intra Kampus (OMIK); Senat Mahasiswa, Dewan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan sebagai Event Organizer (EO) OPAK FE-2012, mengajak berkumpul di suatu forum dalam rangka kegiatan orientasi atau perkenalan almamater. Tradisi ini sebagai awal usaha bersama untuk menyambung silaturrahim secara dekat dengan para mahasiswa baru yang berjumlah 492; Jurusan Manajemen 206 mahasiswa, Akuntansi 119 mahasiswa, dan D-III Perbankan Syariah 67 mahasiswa. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (31 Agustus-1 September 2012) dimaksudkan untuk mengantarkan mahasiswa baru agar tidak menemukan kesulitan mengikuti program dan tradisi perguruan tinggi, khususnya di FE-UIN Maliki Malang yang tentunya berbeda ketika mereka masih di sekolah sebelumnya.

Pada Tahun Akademik 2012/2013 sebagaimana dilakukan setiap awal memasuki tahun akademik baru, selalu diawali dengan kegiatan orientasi atau perkenalan almamater yang dikemas dengan kegiatan Orientasi dan Perkenalan Akademik Fakultas Ekonomi 2012 (OPAK FE-2012). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan almamater UIN Maliki Malang. Beberapa aspek tersebut antara lain adalah aspek program tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, aspek kelembagaan, aspek infrastruktur, aspek sumber daya insani (SDI), dan aspek tradisi yang dikembangkan di UIN Maliki Malang.

Karena banyaknya aspek yang diperkenalkan dan harus diketahui oleh setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa baru, waktu dua hari kiranya masih belum cukup. Untuk itu, saya atas nama pimpinan fakultas menyambut baik inisiatif Dewan Mahasiswa FE bersama dengan seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan/Program Diploma membuat program pendampingan dan pembinaan kepada seluruh mahasiswa angkatan tahun akademik 2012/2013 selama satu semester sebagai program lanjutan OPAK ini.

Saya berharap saudara-saudara bersabar dan mengikuti dengan serius agar dalam proses belajar selama di kampus ini sesuai dengan yang ditargetkan. Jadi hari ini saudara-saudara berkumpul bersama seangkatan untuk mengawali kegiatan di FE UIN Maliki Malang, kemudian 3 atau 4 tahun mendatang saudara-saudara juga berkumpul bersama pada kegiatan yang lain, yaitu wisuda sarjana, karena telah lulus dengan hasil gemilang.      

Berkat bimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh bapak Dr. H. Salim al-Idrus selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan dan bapak Romi Faslah, M.Si, program lanjutan OPAK FE-2012 yang dikemas dalam bentuk ”Pendampingan Akademik” secara periodik selama satu semester dan diakhiri dengan ”Bakti Sosial” telah dilaksanakan dengan sempurnan.

Kegiatan ”Pendampingan Akademik” yang dilaksanakan secara bersama antara Jurusan dan Himpunan Mahasiswa Jurusan di bawa kordinasi PD bidang Kemahasiswaan dikemas sebagai berikut; untuk Manajemen dengan nama program ”Future Management Training (FMT)”, Orientasi Jurusan (OSJUR) untuk Program D-III perbankan Syariah, keduanya dilaksanakan 1 bulan sekali. Untuk Jurusan Akuntansi bentuk perogramnya ”Acounting Gathering” yang dilaksanakan dua kali setiap bulan.

Bakti Sosial dengan tema“Rekontruksi Jiwa Sosial Mahasiswa di Masyarakat” adalah puncak rangkaian kegiatan OPAK FE-2012 yang diikuti oleh mahasiswa semester pertama dari semua Jurusan/Program Studi yang berjumlah 389 mahasiswa dengan mengambil lokasi di desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari (23-25 Desember 2012) tersebut berupa; 1) kerja bakti pembersihan desa yang dilaksanan hari pertama, 2) interaksi dengan perangkat desa dan masyarakat yang tergabung pada Jamaah Diba’, Jamaah Tahlil dan ibu-ibu PKK, desa yang dilaksanakan malam harinya, 3)  melanjutkan kerja bakti pembersihan desa sekaligus persiapan pengajian umum yang dilaksanakan pada hari kedua, 4) pengajian Akbar, penyerahan bantuan alat-alat sekolah dan uang bagi 20 anak yatim dan 100 bingkisan sembako dan uang bagi keluarga tidak mampu dan penutupan di Masjid Akbar Desa Bocek  Kec. Karang ploso, Kab. Malang, dan 5) pada hari ketiga (walaupun sudah ditutup pada malam harinya) mahasiswa bersama warga menanam pohon mauni di area desa.

Kegiatan yang dilakukan dengan penuh semangat oleh mahasiswa tersebut mendapat sambutan hangat dan sangat positif oleh warga. Mereka, mulai dari kepala desa, perangkat desa lainnya, para ibu-ibu muslimat/fatayat/PKK, dan pera pemuda serta remaja  tumplek-blek menyatu dengan semua rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Melalui sambuatan Ketua Ta’mir Masjid Akbar dan Kepala Desa dinyatakan bahwa, mereka merasa sangat kurang, terutama tentang waktu yang hanya dilakukan selama 3 hari, ketika warga merasakan manfaat yang sangat bagus dari kegiatan yang singkat tersebut. Untuk kegiatan berikutnya mereka sangat berharap desanya dipilih lagi.

Sebagai akhir catatan ini, saya berharap kegiatan yang jelas memberi manfaat  positif, baik bagi mahasiswa, lembaga, maupun masyarakat tersebut harus ditingkatkan pengelolaannya, agar dapat memberikan konstribusi yang lebih buat semua pihak. Untuk mahasiswa tentu akan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat, buat pengelola dan dosen pendamping juga akan mendapatkan point pengalaman kegiatan pendampingan mahasiswa sekaligus kegiatan pengabdian masyarakat, buat lembaga (FE) juga akan mendapatkan nilai fungsi kelembagaan yang tidak terkesan sebagai menara gading, dan bagi masyarakat akan merasa terbantu untuk mengetahui seberapa siap mahasiswa di suatu perguruan tinggi dalam melakukan kerja dan interkasi sosial sebagai bagian implementasi kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Selamat dan terima kasih buat mahasiswa 2012/2013, para pengurus OMIK dan PD bidang kemahasiswaan serta staf, yang telah melaksanakan kegiatan inovatif, dan masyarakat Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Lanjutkan dengan inisiasi dan kreasi yang inspiratif, semoga bermanfaat.

Malang, 11 Januari 2013

HA. MUHTADI RIDWAN

0 komentar:

Posting Komentar