Sabtu, 16 Maret 2013

Kian Terpercaya dengan Perspektif Islamiah

Kian Terpercaya dengan Perspektif Islamiah
UINMeski baru berdiri, Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Diploma III Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang telah berhasil meraih akreditasi B. Sedangkan Prodi Manajemen mempertahankan akreditasi A.
“Ini merupakan kebanggaan bagi kami, karena pada umumnya prodi baru paling tinggi memperoleh akreditasi C, namun Prodi Perbankan kami mampu membuktikan diri langsung mendapat akreditasi B,” ucap Dekan FE UIN  Maliki, Muhtadi Ridwan.
Sedangkan Prodi Manajemen mempertahankan hasil akriditasi pada 2007 yang juga memperoleh nilai A. Menurutnya itu semua berkat penilaian positif dari tim penilai, terkait dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), kepemimpinan, kurikulum yang dikembangkan, kerja tim, kerja sama dengan institusi lain, produk keilmuan dan alumni, penerimaan pasar, fasilitas belajar dan laboratorim, dan lainnya.
Dia mencontohkan, terkait dengan SDM. Dari 56 tenaga dosen yang mengajar di FE UI, 50% sudah bergelar doktor. Begitu juga fasilitas belajar dan mengajar, selain gedung perkuliahan juga dilengkapi laboratorium perbankan syariah, micro finance, dan Pojok Bursa Efek Indonesia.
FE UIN juga memfasilitasi mahasiswa dengan  penyelenggaraan bursa tenaga kerja, job fair, maupun latihan ketenagakerjaan berupa job training yang diselenggarakan secara periodik atas kerja sama dengan instansi lain.
Respon pasar terhadap alumni FE UIN Malang juga cukup bagus. Dari 2.012 alumni fakultas tersebut, 60% terserap di sektor formal seperti perbankan syariah, lembaga keuangan syariah, Badan Usaha Milik Negara, sektor profesional, pegawai negeri sipil, dan lainnya.
“Tingginya kepercayaan tersebut karena kami bukan hanya membekali ilmu yang berperspektif Islamiah,” pungkasnya..nia-KP

0 komentar:

Posting Komentar