Senin, 11 Maret 2013

KEGIATAN MAGANG NON STRUKTURAL DIMINATI MAHASISWA FE

KEGIATAN MAGANG NON STRUKTURAL DIMINATI MAHASISWA FE

Magang non struktural adalah salah satu program kegiatan praktik kerja lapangan dari beberapa program sejenis di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (FE-UIN Maliki Malang) ; magang struktural yang diperuntukan buat mahasiswa Program Studi Diploma Tiga (D-III) Perbankan Syari’ah (Prodi D-III PS), Praktik Kuliah Lapangan Integratif (PKLI) bagi mahasiswa Program S-1 Jurusan/Prodi Manajemen dan Akuntansi, dan Pengabdian Masyarakat bagi mahasiswa semua Prodi yang dilaksanakan pada akhir semester pertama sebagai rangkaian program Orientasi Mahasiswa Baru.


Pada awalnya kegiatan magang non struktural muncul dari inisiatif beberapa mahasiswa angkatan 2004 (ada 4 mahasiswa) yang ingin memanfaatkan waktu libur kuliahnya untuk mencari pengalaman kerja di Bank BTN Malang. Inisiatif tersebut kemudian dikomunikasikan ke Fakultas, dan tentu saja keinginan yang sangat baik tersebut diijinkan oleh lembaga, dengan catatan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, mengikuti ketentuan lembaga tempat magang. Jika hasilnya setara dengan program PKLI maka sebagai penghargaan sudah tidak perlu lagi mengikuti PKLI.

Program yang belum dijadikan sebagai kegitan resmi Fakultas tersebut berjalan dari tahun ke tahun dengan peningkatan peminat yang semakin banyak. Selama itu, Fakultas hanya memberi ijin pengajuan masing-masing mahasiswa dengan membuatkan surat pengantar yang diurus sendiri oleh peserta. Seiring dengan semakin banyaknya peminat magang tersebut pada tahun 2011 baru dilembagakan dengan nama kegiatan On the Job Training (OJT), kemudian dibuatlah buku Pedoman yang mengatur pelaksanaanya.

Menurut data di Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (sebagai pengelola) pada tahun 2011 peminat kegiatan OTJ yang berjumlah 47 mahasiswa yang keseluruhannya dari Jurusan Akuntansi dan tempat kegiatannya semuanya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang sebagian besar di Malang Raya dan satu diantaranya dari luar Malang Raya; KPP Madya Malang, KPP Pratama Malang Utara, KPP Pratama Malang Selatan, KPP Pratama Batu, KPP Pratama Kepanjen, KPP Prtama Singosari, KPP Pratama Pasuruan, dan KPP Pratama Banyuwangi.

Tahun 2012 jumlahnya meningkat menjadi 67 mahasiswa yang sebagian besar dari Jurusan Akuntansi (44 mahasiswa) sisanya (23 mahasiswa) dari Jurusan Manajemen. Tempatnya tidak hanya satu lembaga seperti ketika tahun 2011, tetapi sudah menyebar di beberapa perusahaan lainnya yang tersebar di wilayah Jawa Timur dan ada satu di Jawa Tengah; Kantor Dinas Pendapatan Pemerintah Provinsi Jatim Kabupaten Sidoarjo, Kantor Kecamatan Baron Nganjuk, Bank BRI Cabang Kediri KCP Pasarbaru Pare Kediri, AIA Finacial Cabang Malang, PD BPR BKK Karang Malang Sragen Jateng, Perum Jasa Tirta I Malang, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., Bank Indonesia Malang, Plaza Araya, KPP Prtama Malang Utara, Bank Muamalat Kepanjen, KPP Prtama Blitar, Bank Muamalat Cabang Malang, PT Bank Syariah Mandiri Pasuruan, Reliance Scuritas, PT Behaestex Tbk. Gresik, KPP Pratama Singosari, KPP Pratama Situbondo, KPP Pratama Pasuruan, Pegadaian Syariah Cabang Tlogomas Malang, Bank BRI Cabang Blitar, PT BPR Armindo Kencana Malang, BRI Cabang Malang.

Menurut keterangan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, kegiatan OJT bukan hanya karena perkembangan peminat yang terus meningkat, tetapi dari aspek manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa juga sangat positif, yaitu antara lain rata-rata mahasiswa yang mengambil program non reguler tersebut mempunyai potensi dan motivasi yang tinggi untuk segera mengetahui dan atau memperoleh pengalaman interaksi di dunia kerja. Manfaat lainnya, mahasiswa yang bersangkutan dapat memanfaatkan waktu liburnya dengan melakukan kegiatan yang produktif.

Untuk itu kegiatan yang sangat bagus ini segera mendapatkan perhatian yang lebih dari Fakultas. Bentuk perhatiannya antara lain adalah; diperlukan tim atau petugas pengelola dan dosen pendamping kegiatan, dan support anggaran, demikian  usul yang disampaikan oleh bapak Dr. H. Salim al-Idrus, M.Ag., MM selaku penanggung jawab kegiatan.

Memang sudah ada ketentuan dan manfaat dari kegiatan OJT tersebut, baik bagi mahasiswa maupun bagi lembaga, sebagaimana diatur pada buku Pedoman On the Job Training (OJT). Ketentuan dan manfaat tersebut adalah :

1.      OJT adalah kegiatan yang identik dengan magang yang dilakukan oleh mahasiswa FE-UIN Maliki Malang atas inisiatif mahasiswa sendiri guna memanfaatkan waktu libur semester.

2.      OJT tanpa persyaratan yang mengikat diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengikat diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menempuh perkuliahan minimal IV semester atau berada pada semester V.

3.      OJT bisa menggantikan PKL, apabila dinilai layak dan memenuhi beberapa ketentuan.

4.      Tujuan OJT adalah memberikan bekal mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam menyelesaikan pekerjaan yang bersifat aplikatif dan praktis di lapangan (dunia kerja) yang relevan dengan bidang studi masing-masing.

Uraian diatas adalah catatan harian saya sekaligus sebagai bahan evaluasi tentang semangat dan minat mahasiswa FE-UIN Maliki Malang untuk mendapat pengalaman di luar program terstruktur yang dibuat oleh fakultas. Tentu saja, keinginan mahasiswa yang sangat baik dan positif ini menarik perhatian saya untuk segera ada kepastian model pengelolaan secara baik.       

Malang, 10 Januari 2013

HA. MUHTADI RIDWAN    

0 komentar:

Posting Komentar