Rabu, 20 Maret 2013

HYPNO TEACHING DI UIN

(Sumber; fe.uin-malang.ac.id, Written by Khusnudin)

Kaya inovasi, selalu muncul pada setiap kegiatan di FE.  Termasuk, upaya untuk  meningkatkan kualitas system pembelajaran di lingkungan akademisi, FE UIN Maliki melakukan pelatihan hypno teaching bagi dosennya.  Tentornya adalah  dr. Andy G Rakasiwi, MCHt., MCHI,  sebagai  master hypnotherapist Indonesia, master trainer hypnotherapy, professional stage hypnosis, dan master spiritualis.  Sebanyak 50 dosen FE UIN menjadi peserta dalam pelatihan ini.  Sambutan Dekan FE dan PR I UIN Maliki mengawali  rangkaian kegiatan hypno teaching yang pertamakali dilakukan di UIN Maliki Malang ini.
Hypnotis,  istilah yang cukup akrab di telinga.  Masyarakat  sering mengaitkannya dengan dunia  criminal seperti pellet, telepati atau gendam.  Bagaimana hypnotis  digunakan untuk membantu keberhasilan proses pendidikan-pembelajaran di dunia akademisi?.  Menjadi tema pokok yang sangat menarik dalam  pelatihan hypno teaching di UIN Maliki Sabtu kemarin (22/9).
Hypnosis  adalah metode yang cukup efektif untuk mengatasi masalah yang berhubungan mental dan emosi.  Hypnosis banyak melibatkan kerja struktur tubuh seperti otak, panca indera, objek (fakta), dan informasi sebelumnya.  Inilah yang sering disebut sebagai proses berfikir.  Hypno teaching memanfaatkan pola gelombang berbeda  pada kerja otak, seperti gelombang alpha (8-13 Hz), beta (13-30 Hz), theta (4-7 Hz) dan delta (0,5-4 Hz).
Melalui hypno teaching, materi kuliah dapat disajikan dengan warna yang berbeda.  Seperti, bagaimanan memadukan gaya mengajar menarik dengan keragaman audiens yang memiliki kecenderungan kerja otak beragam.   Seperti,  auditorial, kinestetik, dan visual.  Ini  akan membantu menancapkan pemahaman materi kuliah ke dalam benak mahasiswa dengan kuat.
Menurut  trainer, Andy G Rakasiwi, transfer pengetahuan atau ilmu dalam proses pembelajaran akan berjalan efektif jika kerja otak audiens dibawa pada ranah panjang gelombang alpha.  Pada kondisi ini, mahasiswa akan memiliki konsentrasi yang tinggi, focus dan khusuk.  Materi kuliahpun bisa terserap dengan baik. Dan, ini membutuhkan persiapan, penguasaan, latihan, dan pembiasaan hingga dapat masuk pada wilayah “kerja tak sadar” (subconscious mind).
Kepiawaian penguasaan hypno terapi dibuktikan dengan memasuki kerja otak dalam gelombang delta pada semua peserta.  Semua peserta dibuat tertidur masal,  walau tanpa mimpi.  Melalui hypno, terapi diri dapat dilakukan untuk mengeluarkan segala racun dalam tubuh tanpa obat dan efek samping.  Cukup melalui pengaturan pernapasan.  “Ingat,  ini bukan  pelatihan teknik tenaga dalam  lho”,  kata dr. Andy menegaskan.
“Inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran yang berujung pada kualitas output (mahasiswa) yang dilakukan oleh FE UIN, perlu ditindaklanjuti pada tingkat Universitas.  Program pelatihan hypno teaching harus  diberlakukan bagi semua dosen  di UIN Maliki Malang” kata Pembantu Rektor I UIN  Maliki, Prof. Dr. Mudjia Raharja, dalam sambutan pembukanya. 
“Ya, berbagai inovasi terus dilakukan oleh FE agar proses  pendidikan-pengajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.  Dengan harapan,  dapat  memperoleh kualitas output optimal dengan parameter yang terukur.  Seiring semakin tingginya tuntutan  masyarakat pada kualitas yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi, dan tingginya beban dosen”, kata Dekan FE, Dr. HA. Muhtadi Ridwan dalam pembukaan sesi berikutnya. 
Ayo, terus  berinovasi (us).

0 komentar:

Posting Komentar