(dari kiri) Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg bersama dengan Ketua Senat UIN Malang Prof Dr A Muhtadi Ridwan MAg. (Foto: Humas)
(dari kiri) Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg bersama dengan Ketua Senat UIN Malang Prof Dr A Muhtadi Ridwan MAg. (Foto: Humas)

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) akan mendapat  visitasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) yang dijadwalkan pada 19-23 Oktober mendatang. Seluruh pimpinan saat ini sedang mematangkan seluruh persiapan.

AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN. Sementara AUN adalah sebuah organisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean.

Dalam persiapan jelang visitasi ini, Ketua Senat UIN Malang Prof Dr A Muhtadi Ridwan MAg dalam rapat senat terbatas mengajak seluruh pimpinan dan sivitas akademika untuk bersama-sama mengawal lima isu penting terkait pengembangan kampus.

"Kelima isu tersebut ialah persoalan kelembagaan, penguatan mutu SDM, revitalisasi layanan, penguatan dokumentasi akademik dan kelembagaan, serta persoalan infrastruktur," ucapnya.

Menurutnya, isu-isu penting ini harus menjadi fokus untuk menyiapkan diri saat proses visitasi dari AUN-QA mendatang.

“Kita butuh persiapan yang matang untuk menjalani visitasi dari tim AUN-QA tersebut,” tegasnya.

Secara kelembagaan, AUN-QA akan melakukan visitasi pada Prodi Manajemen, Prodi Biologi, Prodi Al Ahwal Al Syakhsiah, dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Untuk menunjang keberhasilan visitasi tersebut, tentu dibutuhkan dukungan dan kerja keras dari para pimpinan dan sivitas akademika.

Terlebih, saat ini kampus masih menghadapi pandemi Covid-19. Maka, revitalisasi perlu diadakan di semua layanan baik yang bersifat akademik maupun non akademik.

“Semua layanan harus disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid saat ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dari WHO,” tegasnya. 

Sumber :https://jatimtimes.com/baca/221437/20200820/110800/jelang-visitasi-aun-qa-uin-malang-lakukan-persiapan-matang 

Pewarta: Imarotul Izzah Editor: Nurlayla Ratri