Senin, 18 Maret 2013

UIN MALANG DEKLARASIKAN ISO 9001;2000


UIN MALANG DEKLARASIKAN ISO 9001:2000
(Sumber; kemenag.go.id, Kamis, 22 Januari 2009)

Malang, 23/1 (Pinmas)—Kick off implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2000 di UIN Malang tengah dilakukan dengan ditandatanganinya oleh Imam Suprayogo, Rektor UIN Malang. Itu berarti bahwa seluruh sivitas akademika UIN Malang harus berkomitmen untuk menerapkan SMM ISO 9001:2000 secara konsisten.
Pelaksanaan Kick off atau deklarasi pencanangan implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2000 bertanda bahwa seluruh sivitas akademika UIN Malang harus berkomitemen untuk menerapkan SMM ISO 9001:2000 secara konsisten.
Kegiatan pencanangan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2008. kegiatan tersebut dihadiri oleh semua pimpinan, mulai dari Rektor, para Pembantu Rektor, para Kepala Biro, para Dekan Fakultas dan Pembantu Dekan, Direktur dan Asisten Direktur Program Pascasarjana, para Kepala Bagian Administrasi, para Kepala/Ketua Lembaga/pusat/Unit, semua group fokus, dan semua tim Sekretariat ISO Universitas Islam Negeri Malang.
Acara ini dibuka oleh A. Muhtadi Ridwan sebagai Management Representative (MR) SMM ISO 9001:2000 UIN Malang yang kemudian dilanjutkan sambutan dari Rektor UIN Malang, Imam Suprayogo.
Rektor UIN Malang Imam Suprayogo mengatakan, beliau menyatakan bahwa ketidak layakan kampus tidak hanya di nilai dari fasilitas berupa gedung perkuliahan dan perkantoran serta peralatan yang kurang memadai, tetapi juga SDM dan mahasiswa yang masih sedikit serta model pengembangan keilmuannya yang sangat terbatas. “Sekarang saya mengajak semua pengelola kampus ini untuk membuka dokumen penting berupa Renstra UIN Malang 25 tahun ke depan,” harapnya.
Pada Renstra tersebut, tambahnya, telah dicanangkan perencanaan strategis pengembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang 25 tahun ke depan diarahkan pada tiga tahapan mendasar, diantaranya untuk jangka pendek (2005-2010) target UIN untuk mencapai kemantapan kelembagaan (institutional establishment) dan penguatan akademik (academic reinforcement).
Jangka menengah (2011-2020) untuk mencapai posisi universitas agar lebih dikenal dan diakui di tingkat regional (Regional Recognition and Reputation) sedangkan target jangka panjang (2021-2030) diharapkan UIN dapat mencapai posisi puncak universitas, yakni agar lebih dikenal dan diakui di tingkat internasional (International Recognition and Reputation).
“Kali ini kita masih ada pada tahap pertama (2005-2010), yaitu Pemantapan Kelembagaan (institutional establishment) dan penguatan akademik (academic reinforcement). Kedua fokus pengembangan tersebut memberikan landasan untuk berkembang sebagai universitas terkemuka di tingkat regional, khususnya negara-negara sahabat (Islam. Red),” ucapnya.
Pada akhir masa pengembangan jangka pendek, diharapkan UIN Malang bisa menyelenggarakan perkuliahan untuk 12.000 mahasiswa secara layak, yang tersebar ke dalam 30 Program Studi Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Kebijakan umum pengembangan jangka pendek diarahkan pada pemenuhan kelayakan dan baku-mutu universitas unggulan (excelent university) .
“Saya kira sangat tepat, kalau kali ini kita bertekad terus pengembangkan kinerja dengan semangat budaya mutu dengan mengimplementasikan SMM ISO 9001:2001 sebagai standart mutu level internasional. Agar cita-cita menjadikan universitas unggulan (excelent university) segera terwujud dalam rangka menyajikan layanan prima bagi semua pihak, baik tingkat regional, nasional dan internasional,” harapnya pasti.(UIN Malang/ts)

0 komentar:

Posting Komentar