Minggu, 15 Februari 2015

SANG VISIONER

Pemimpin adalah seorang yang mempunyai daya imaginasi dan visioner yang akan menjadi harapan-harapan kedepan.. Visioner berarti adanya upaya untuk dapat mewujudkan mimipi-mimpi dan harapan yang dapat dinikmati oleh semua pihak dan merupakan tonggak sejaarah yang tidak akan luntur oleh bergulirnya waktu. Zun Tsu (filsuf China) mengatakan bahwa seorang pemimpin adalah seseorang yang telah melakukan pekerjaan besar, namun dimulai dari pekerjaan yang kecil ang dilakukan secara istiqomah.

Cermin dari filosifis tersebut dpat diketemukan dalam sosok Dekan Fakultas Ekonomi UIN Malang yaitu Bapak Dr. H.A. Muhtadi Ridwan, MA. Sebagai seorang pimpinan beliau merupakan figur pemimpin yang transformasionalis (meminjam istilah Bass & Avolio). Pemimpin ini adalah mempunyai karakteristik : a) visioner, b). kharismatik, c) idealis, d) motivasi. Kepemimpinan yang visioner dari beliau dapat kita rasakan banayknya ide-ide yang beliau kemukan untuk menjadikan Fakultas Ekonomi UIN Malang unggul dan menjadi harapan masyarakat serta stage holder. Untuk mewujudkan hal tersebut maka menjalin banyak kerjasama dengan berbagai kalangan, seperti lembaga keuangan, perusahaan, serta lembaga pemerintahan. Hal ini idakalan mudah dilaksanakan kalau beliau bukan seorang visioner. 

Kharismatik adalah ciri soerang pemimpin yang benar-benar dihormati oleh berbagai pihak. Beliau dalam memimnpin telah menujukkan sisi-sisi kharismatis yang membuat para bawahan, atasan, dan kolega merasa sungkan untuk berpangku tangan. Memberikan contoh bagaimana seorang harus bekerja dengan sebaik-baiknya.

Idealis   adalah bentuk dari model kepemimpinan yang harus juga dipunyai oleh seorang pemimpin transformasional. Beliau adalah seorang yang idealis, yang meempunyai ide-ide kreatif dan inovatif untuk kemajuan lembaga uyang dipimpinnya. Bahkan beliau juga seringkali emunculkan sesuatu produk/kegiatan yang berbeda dengan lembaga lain. Disamping itu apa yang menjadi keinginan bisa diwujudkan dengan baik.

(Oleh : Achmad Sani S.)
Sumber : Buku Sang Inspirator

0 komentar:

Posting Komentar