Sabtu, 01 Juni 2013

16 TAHUN TERASA SANGAT CEPAT

Terhitung mulai tanggal 1 Juli 1997 sampai detik ini, tepatnya pada pukul 23.13, Sabtu 1 Juni 2013 saya mendapatkan amanah bersama bapak, ibu dan adik-adik mahasiswa untuk ikut serta mengembangkan kampus tercinta, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Tugas yang saya jalani selama 16 tahun tersebut dimulai sebagai sekretaris jurusan Syariah (1997), ketua jurusan Syariah (1998), Pembantu Ketua III (1999-2002), Pembantu Rektor III UIIS-UIN Malang  (2002-2005), Dekan FE (2005-2013). 
16 tahun terasa sangat cepat, mengapa ? Karena saya menyadari belum banyak yang dapat saya lakukan atau saya hasilkan sebagai konstribusi pengembangan kampus yang mempunyai cita-cita besar sebagai kampus yang tidak hanya mempunyai reputasi di tingkat nasional tetapi juga menjadi jujukan masyarakat dunia. Justru Pak Imam sebagai Imam al-Jamiah selama 16 tahun selalu mempropagandakan “selambat-lambatnya 20-25 tahun yang akan datang akan menjadi kampus “Islam” nomer dua setelah Universitas al-Azhar di Mesir”. Betapa indahnya cita-cita tersebut, ketika peringkat itu disandingkan dengan al-Azhar yang setidaknya mempunyai dua cirikhas; yaitu pertama, sebagian besar pemimpinnya, dosennya, karyawannya, dan  mahasiswanya adalah para penghafal al-Qur’an, dan kedua, mandiri dari aspek pembiayaan.
Saya sebenarnya sudah mencoba berusaha sekuat tenaga untuk dapat memberi sumbangan mewujudkan cita-cita besar tersebut, namun apa daya, sampai tiba masa akhir memegang amanah yang tinggal beberapa saat (berakhir pada 2 Juni 2013 besok) saya belum dapat menghasilkan kinerja yang sangat berarti. Untungnya selama ini, saya ada dan bersama dengan orang-orang hebat yang memiliki dedikasi yang sangat tinggi, semangat yang membara, dan komitmen yang luar biasa dalam perjuangan pengembangan kampus tercinta, sehingga saya banyak mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.
Untuk itu, atas nama pribadi saya mengucapkan rasa hormat dan terima kasih banyak kepada bapak, ibu, dan adik-adik mahasiswa sebagai sivitas akademika yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk bergabung dengan kalian dalam pengemban amanah penting ini. Kemudian dengan rendah hati saya mohon maaf  yang sebesar-besarnya atas perilaku saya yang seringkali mengganggu ketenangan dan perasaan bapak, ibu, dan adik-adik mahasiswa warga kampus UIN Maliki Malang.
Semoga sekecil apapun yang sudah kita lakukan demi kejayaan dan kemajuan UIN Maliki Malang dicatat oleh Allah SWT sebagai amal jariyah, amin ya Robbal Alamin.

Malang, 1 Juni 2013
HA. Muhtadi Ridwan dan Keluarga   


0 komentar:

Posting Komentar