Selasa, 16 April 2013

MAHASISWA AKUNTANSI; Belum Lulus Sudah Banyak Yang Inden


MAHASISWA AKUNTANSI;
Belum Lulus Sudah Banyak Yang Inden


Pada hari Rabu 17 April 2013, pagi-pagi pertama kali yang saya lakukan di kantor adalah membaca “Laporan Progres Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi UIN Maliki Malang Angkatan 2009/2010” yang dibuat oleh Ibu Hj. Meldona, SE., MM., Ak selaku Ketua Jurusan. Seneng sekali saya tentang progres yang bagus ini. Start yang sangat positif sebagai langkah awal untuk pengembangan berikutnya.
Laporan ini nampaknya sengaja dibuat secara khusus “buat mahasiswa angkatan pertama (2009/2010)”  yang sekarang lagi menempuh studi semester kedelapan, batas normal penyelesaian studi dari 14 semester yang disediakan. Jurusan ingin kerja maksimal, dan tentu hasil yang optimal. Bentuknya berupa usaha agar mahasiswanya lulus tepat waktu dengan predikat yang dapat dibanggakan.
Mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan pertama yang berjumlah 76 pada semester kedelapan ini, 43 mahasiswa (57%) sudah mengajukan proposal. Dari 43 (57%) 21 mahasiswa (49%) sudah mengikuti ujian proposal, 6 (8%) telah mengikuti ujian skripsi, dan 5 (7%) sudah dinyatakan lulus pada 12 dan 15 April 2013.  Lama studi mereka kurang dari delapan semester, tepatnya 7 semester 2 bulan atau 3 tahun 8 bulan.
Sisanya 33 mahasiswa (43%) belum mengajukan proposal, karena beberapa diantaranya masih belum memenuhi syarat, antara lain sekitar 10 mahasiswa masih mempunyai tanggungan mata kuliah, ada yang belum memiliki sertifikat TOEFL dan /atau SPSS. Ada juga yang beralasan solidaritas (janjian dengan temannya) walaupun syaratnya sudah memenuhi.
Ada yang menarik dari catatan jurusan, yaitu pertama; untuk persyaratan pengajuan proposal yang baru pertama kali dilakukan, mahasiswa harus sudah menempuh minimal 120 sks dengan tanpa nilai “E” dan nilai “D” tidak boleh lebih dari 3 mata kuliah, sudah lulus mata kuliah metodologi penelitian, menyerahkan sertifikat pelatihan SPSS atau Penelitian, dan sertifikat TOEFL dengan score minimal 450 dari lembaga yang diakui Jurusan. Persyaratan diatas belum diberlakukan di UIN Maliki Malang kecuali di Fakultas Ekonomi.
Kedua; sistem ujian skripsi secara komprehensif. Sistem ini dimaksudkan agar mahasiswa betul-betul menguasai dengan baik bidang kajian atau penelitian yang dilakukan, sehingga lulus sebagai sarjana dengan kompetensi yang menyakinkan. Bidang-bidang kajian atau penelitian dapat dipilih dari dari beberapa ketentuan sebagai berikut; 1) Akuntansi Keuangan; Siklus Akuntansi, Penyusunan Laporan Keuangan, Pengakuan dan Penilaian dalam Laporan Keuangan, Manajemen Laba (Earning Management), Pengungkapan dan Regulasi, dan Teori Keagenan. 2) Akuntansi Manajemen; Konsep dan Terminologi Biaya, Metode Kalkulasi dan Pelaporan Biaya, Akuntansi Differensial, Akuntansi Pertanggungjawaban dan Evaluasi Kinerja, Perencanaan Anggaran dan Pengendalian, Penganggaran Partisipatif, Akuntansi Manajemen Kontemporer (BSC, Quality Cost, JIT, ABC, dll), Analisis CVP, dan Kontijensi Sistem Pengendalian. 3) Pengauditan; Etika Profesi Akuntansi, Standar Pekerjaan Audit, Resiko Audit, Program Audit, Jenis-jenis Pengujian, Laporan Audit, Kualitas Audit, dan Teknologi Audit. 4) Sistem Informal Akuntansi; Desain, Seleksi dan Pengembangan Sistem, Konsep Dasar SIA dan SPI, Pengujian Pengendalian Internal, Komponen Sistem; Struktur Organisasi, Job dese, Prosedur, Dokumentasi, Kebijakan Internal, Siklus Pemrosesan; Pendapatan, Pengeluaran, Sistem Kas, Produksi, Finacing, dan Manfaat dan Tujuan Sistem. 5) Perpajakan; Perencanaan Pajak, Sistem dan Tata Cara Perpajakan, Fungsi Pajak, Dampak Pajak, Peraturan Perpajakan, Akuntansi Pajak, Pemeriksaan Pajak, dan Perilaku Wajib Pajak. 6) Akuntansi Sektor Publik; Review SAP, Sistem Pertanggungjawaban Publik, Pelaporan Keuangan Sektor Publik, Audit Sektor Publik, dan Akuntansi Manajemen Sektor Publik.
Ketiga; informasi yang tidak kalah menarik, yaitu sudah banyak perusahaan  yang melayangkan surat ke Fakultas dengan maksud memberitahukan, dan meminta mahasiswa dan/atau lulusan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tidak hanya mahasiswa/lulusan Jurusan Akuntansi, tetapi juga Jurusan Manajemen dan D-III Perbankan Syariah. Tentu melalui sistem rekrut, yang selalu dilakukan di Fakultas. Harapan dari manajemen Fakultas yang menginginkan lulusannya tidak hanya sekedar mencari kerja, tetapi dicari  pihak-pihak yang membutuhkan.
Beberapa perusahaan yang tercatat sebagai mitra kerja fakultas (sekitar 56 perusahaan) tersebut antara lain adalah; sebagian besar perbankan, baik konvensional maupun syariah, PT Yanmar (bidang produksi mesin alat-alat berat), KJPP (Kantor Jasa Penilaian Publik), KAP (Kantor Akuntansi Pajak), KPP (Kantor Pelayanan Pajak), CV Graha Baru (Kontraktor, Perdagangan, dan Auto Mobil), CV Kalisongo Jaya (Kontraktor & Perdagangan), PT Bukit Dieng Permai (Real Estat), dll.
Mewakili manajemen FE UIN Maliki Malang, kami merasa bangga kepada semua pihak yang menaruh perhatian sebagai apresiasi kinerja dan prestasi mahasiswa/lulusan, dan berikutnya kami haturkan terima kasih. Semoga segala bentuk perhatian dan apresiasi tersebut merupakan bagian pemicu dan mativasi manajemen untuk bekerja lebih baik dalam rangka menciptakan “lulusan” yang kompetitif.

Wallahu a’lam bi al-Shawab,
Malang, 17 April 2013
HA. Muhtadi Ridwan 

0 komentar:

Posting Komentar