MAHASISWA AKUNTANSI;
Belum Lulus Sudah Banyak Yang Inden
Pada hari Rabu 17 April 2013, pagi-pagi
pertama kali yang saya lakukan di kantor adalah membaca “Laporan Progres
Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi UIN Maliki Malang Angkatan 2009/2010” yang
dibuat oleh Ibu Hj. Meldona, SE., MM., Ak selaku Ketua Jurusan. Seneng sekali
saya tentang progres yang bagus ini. Start yang sangat positif sebagai langkah
awal untuk pengembangan berikutnya.
Laporan ini nampaknya sengaja dibuat
secara khusus “buat mahasiswa angkatan pertama (2009/2010)” yang sekarang lagi menempuh studi semester
kedelapan, batas normal penyelesaian studi dari 14 semester yang disediakan.
Jurusan ingin kerja maksimal, dan tentu hasil yang optimal. Bentuknya berupa
usaha agar mahasiswanya lulus tepat waktu dengan predikat yang dapat
dibanggakan.
Mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan
pertama yang berjumlah 76 pada semester kedelapan ini, 43 mahasiswa (57%) sudah
mengajukan proposal. Dari 43 (57%) 21 mahasiswa (49%) sudah mengikuti ujian
proposal, 6 (8%) telah mengikuti ujian skripsi, dan 5 (7%) sudah dinyatakan
lulus pada 12 dan 15 April 2013. Lama
studi mereka kurang dari delapan semester, tepatnya 7 semester 2 bulan atau 3
tahun 8 bulan.
Sisanya 33 mahasiswa (43%) belum
mengajukan proposal, karena beberapa diantaranya masih belum memenuhi syarat,
antara lain sekitar 10 mahasiswa masih mempunyai tanggungan mata kuliah, ada
yang belum memiliki sertifikat TOEFL dan /atau SPSS. Ada juga yang beralasan
solidaritas (janjian dengan temannya) walaupun syaratnya sudah memenuhi.
Ada yang menarik dari catatan jurusan,
yaitu pertama; untuk persyaratan pengajuan proposal yang baru pertama
kali dilakukan, mahasiswa harus sudah menempuh minimal 120 sks dengan tanpa
nilai “E” dan nilai “D” tidak boleh lebih dari 3 mata kuliah, sudah lulus mata
kuliah metodologi penelitian, menyerahkan sertifikat pelatihan SPSS atau
Penelitian, dan sertifikat TOEFL dengan score minimal 450 dari lembaga yang
diakui Jurusan. Persyaratan diatas belum diberlakukan di UIN Maliki Malang kecuali
di Fakultas Ekonomi.
Kedua; sistem ujian skripsi secara komprehensif. Sistem
ini dimaksudkan agar mahasiswa betul-betul menguasai dengan baik bidang kajian
atau penelitian yang dilakukan, sehingga lulus sebagai sarjana dengan
kompetensi yang menyakinkan. Bidang-bidang kajian atau penelitian dapat dipilih
dari dari beberapa ketentuan sebagai berikut; 1) Akuntansi Keuangan; Siklus
Akuntansi, Penyusunan Laporan Keuangan, Pengakuan dan Penilaian dalam Laporan
Keuangan, Manajemen Laba (Earning Management), Pengungkapan dan
Regulasi, dan Teori Keagenan. 2) Akuntansi Manajemen; Konsep dan
Terminologi Biaya, Metode Kalkulasi dan Pelaporan Biaya, Akuntansi
Differensial, Akuntansi Pertanggungjawaban dan Evaluasi Kinerja, Perencanaan
Anggaran dan Pengendalian, Penganggaran Partisipatif, Akuntansi Manajemen
Kontemporer (BSC, Quality Cost, JIT, ABC, dll), Analisis CVP, dan
Kontijensi Sistem Pengendalian. 3) Pengauditan; Etika Profesi Akuntansi,
Standar Pekerjaan Audit, Resiko Audit, Program Audit, Jenis-jenis Pengujian,
Laporan Audit, Kualitas Audit, dan Teknologi Audit. 4) Sistem Informal
Akuntansi; Desain, Seleksi dan Pengembangan Sistem, Konsep Dasar SIA dan
SPI, Pengujian Pengendalian Internal, Komponen Sistem; Struktur Organisasi,
Job dese, Prosedur, Dokumentasi, Kebijakan Internal, Siklus Pemrosesan;
Pendapatan, Pengeluaran, Sistem Kas, Produksi, Finacing, dan Manfaat dan
Tujuan Sistem. 5) Perpajakan; Perencanaan Pajak, Sistem dan Tata Cara
Perpajakan, Fungsi Pajak, Dampak Pajak, Peraturan Perpajakan, Akuntansi Pajak,
Pemeriksaan Pajak, dan Perilaku Wajib Pajak. 6) Akuntansi Sektor Publik;
Review SAP, Sistem Pertanggungjawaban Publik, Pelaporan Keuangan Sektor Publik,
Audit Sektor Publik, dan Akuntansi Manajemen Sektor Publik.
Ketiga; informasi yang tidak kalah menarik, yaitu sudah
banyak perusahaan yang melayangkan surat
ke Fakultas dengan maksud memberitahukan, dan meminta mahasiswa dan/atau
lulusan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tidak hanya mahasiswa/lulusan
Jurusan Akuntansi, tetapi juga Jurusan Manajemen dan D-III Perbankan Syariah. Tentu
melalui sistem rekrut, yang selalu dilakukan di Fakultas. Harapan dari
manajemen Fakultas yang menginginkan lulusannya tidak hanya sekedar mencari
kerja, tetapi dicari pihak-pihak
yang membutuhkan.
Beberapa perusahaan yang tercatat sebagai
mitra kerja fakultas (sekitar 56 perusahaan) tersebut antara lain adalah;
sebagian besar perbankan, baik konvensional maupun syariah, PT Yanmar (bidang
produksi mesin alat-alat berat), KJPP (Kantor Jasa Penilaian Publik), KAP (Kantor
Akuntansi Pajak), KPP (Kantor Pelayanan Pajak), CV Graha Baru (Kontraktor,
Perdagangan, dan Auto Mobil), CV Kalisongo Jaya (Kontraktor & Perdagangan),
PT Bukit Dieng Permai (Real Estat), dll.
Mewakili manajemen FE UIN Maliki Malang,
kami merasa bangga kepada semua pihak yang menaruh perhatian sebagai apresiasi
kinerja dan prestasi mahasiswa/lulusan, dan berikutnya kami haturkan terima
kasih. Semoga segala bentuk perhatian dan apresiasi tersebut merupakan bagian
pemicu dan mativasi manajemen untuk bekerja lebih baik dalam rangka menciptakan
“lulusan” yang kompetitif.
Wallahu a’lam bi al-Shawab,
Malang, 17 April 2013
HA. Muhtadi Ridwan
0 komentar:
Posting Komentar